OOP
(Object Oriented Programming)
Awal dikembangkannya computer, berkembang pula bahasa
pemrograman yang digunakan.
Bahasa Pemrograman adalah :
serangkaian
instruksi atau perintah yang dimengerti oleh komputer, digunakan untuk
melakukan tugas-tugas tertentu.
Bahasa
pemrograman rata-rata merupakan berbasis teks.
Cara
penulisan program dan eksekusi program diketik dan dilakukan dari atas ke bawah
secara segaris (orientasinya linier), sehingga pemrograman ini disebut : Linear Programming
C/ : BASIC, Pascal, Cobol, C, Dbase
Setelah
muncul sistem operasi windows ,
-
bahasa pemrog. Lebih
ditekankan dalam hal tampilannya
-
sarana pengembangannya
bersifat grafis sehingga user hanya menggeser gambar-gambar dengan mouse
-
Bahasa pemrog. Dinamai
dengan kata ”visual” didepannya
C/ : Visual FoxPro, Visual
Basic, Visual C++
-
Berorientasi
pada objek-objek yang terpisah-pisah (object oriented) disebut juga dgn istilah
Object Oriented Programming.
Sejarah OOP
Tahun
1960 ditemukan suatu pembuatan pogram yang terstruktur (structured
Programming). Metode ini dikembangkan dari bahasa C dan Pascal.
Definisi OOP
Adalah
suatu metode dalam pembuatan program, dengan tujuan untuk menyelesaikan
kompleksnya berbagai masalah program yang terus meningkat.
C/
: sebuah departemen memiliki manager, sekretaris, petugas administrasi data dan
lainnya. Bila manager tsb ingin memperoleh data dari bag. Administrasi maka
manager tsb tidak harus mengambil langsung tetapi dapat menyuruh petugas admin
untuk mengambilnya. Pada kasus tsb manager tidak harus mengetahui bagaimana
cara mengambil data tsb tetapi manager bisa mendapatkan data tsb melalui objek
petugas administrasi.
Objek dan Class
Ide
dasar OOP adalah mengkombinasikan data dan fungsi untuk mengakses data menjadi
sebuah kesatuan unit yang dikenal dengan nama objek.
Sebuah
program dibagi menjadi bagian-bagian kecil yang disebut dgn objek,
setiap objek memiliki entity yang terpisah dengan entity objek-objek lain dalam
lingkungannya.
C/
objek : rumah, mobil, sepeda motor, gelas, komputer
Karakterisitik
obyek : (penggambaran pemrograman berorientasi objek = penggambaran pada dunia
nyata)
Setiap objek memiliki
atribut sebagai status
Setiap objek memiliki
tingkah laku (behavior)
C/ : objek
sepeda
Memiliki atribut : pedal, roda
jeruji, warna, jumlah roda, jok
Memiliki tingkah laku : kecepatan
menaik/menurun, perpindahan gigi sepeda
Class : kumpulan dari beberapa objek yang sama
Setiap
objek mengandung 3 hal utama yaitu :
1. Property atau atribut
Adalah karakteristik atau sifat dari sebuah objek.
C/: property
warna utk teks adalah hitam, ukurannya 1x2 unit
2. Metode
Adalah serangkaian prosedur yang dimiliki oleh suatu objek yang akan
dijalankan sesuai dengan respon yang diberikan oleh suatu perintah/kejadian
C/ : objek tombol EXIT, untuk keluar dari aplikasi
3. Event
Adalah ”kejadian” atau segala
sesuatu yang dapat dialami oleh sebuah
objek.
C/ : meletakkan mouse di atas objek, mengklik tombol mouse kmd mengetik
pada kotak teks
Konsep dasar OOP
·
Encapsulation (Pengkapsulan)
Merupakan : kumpulan komponen program yang biasanya
terdiri dari tipe data, konstanta, variabel, subprogram.
Encapsulation seringkali dianggap sebagai ”penyembunyian informasi”,
dapat diartikan juga pengemasan data dan fungsi dalam wadah bernama objek. Konsep
public dan private akan senantiasa dipakai dalam pengkapsulan. Encapsulation
memastikan sebuah objek tidak dapat menggantikan keadaan dalam dari sebuah
objek dengan cara yang tidak layak, hanya metode dalam objek tersebut yang
diberi izin untuk mengakses keadaannya.
C/ : jam tangan
Cara jam mencatat waktu dengan baik antara jam bertenaga baterai atau
bertenaga gerak tidaklah penting kita ketahui
·
Inheritance (Pewarisan/penurunan)
Merupakan : sifat dalam bahasa berorientasi objek yang
memungkinkan sifat-sifat dari suatu kelas diturunkan ke kelas lain.
Class yang mewarisi : superclass
Class yang diwarisi : subclass
Suatu class hanya boleh mempunyai satu superclass
Inheritance berarti suatu komponen dalam satu program digunakan oleh
program lain yang mempunyai hubungan khusus.
·
Polimorfisme
Merupakan : suatu konsep yang menyatakan sesuatu yang
sama dapat memiliki berbagai bentuk dan perilaku yang berbeda. (menuju 1 tujuan
dengan banyak cara)
Istilah ini berasal dari bahasa yunani, berarti
”mempunyai banyak bentuk”
C/ : Bila sebuah burung menerima
pesan ”gerak cepat”, dia akan menggerakkan sayapnya dan terbang
Bila seekor singa menerima
pesan yang sama, dia akan menggerakkan kakinya dan berlari.
Keduanya menjawab pesan yg sama, namun yg sesuai dgn kemampuan hewan
tersebut.
Cara kerja OOP
OOP
memiliki sifat abstraksi, artinya pemakai tidak perlu mengetahui kerumitan dari sebuah objek. Pemakai hanya perlu mengetahui apa yang
dilakukan oleh objek, bukan bagaimana cara objek tersebut melakukannya.
Keuntungan OOP
1.
lebih cepat
2.
resiko kesalahan kecil
3.
daur ulang
4.
perawatan lebih mudah
Bahasa pemrograman yang mendukung OOP adalah :
Java, C++, Pascal, Visual Basic NET, Simula, Smalltalk,
Ruby, Python
JENIS-JENIS
BINDING
2 jenis binding bila
dilihat dari control yang digunakan untuk binding data :
- Simple Binding
Binding data (pengikatan
data terhadap property suatu control) yang dilakukan untuk menampilkan data
“one record at a time”, jenis ini hanya menampilkan data dari satu kolom per
record
C/ : TextBox, Label
- Complex Binding
Binding data yang
dilakukan untuk menampilkan data “multiple record at a time”, jenis ini mampu
menampilkan data sekaligus dari kolom dan record yang dipilih.
C/ : DataGrid, ListBox,
ComboBox
2 jenis binding bila dilihat dari sisi waktu pengikatan data :
- Early Binding
Binding yang dilakukan ketika design time
- Late Binding
Binding yang dilakukan ketika run time
EmoticonEmoticon